Kamis, 06 Oktober 2016

Peran Teknologi Informasi sebagai Asset Akivitas Bisnis

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI ASSET AKTIVITAS BISNIS
PENDAHULUAN
Teknologi Informasi sekarang ini berperan sangat pesat. Adapun pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) sekarang ini sudah mencakup berbagai bidang kehidupan masyarakat. Seseorang yang masih awam dengan TI biasanya akan di cap sebagai orang yang Kuno atau ketinggalan zaman. Oleh karena itu, perkenalan TI sudah mencakup ke sumua lapisan masyarakat. Tidak hanya dikalangan pelajar, anak-anak di sekolah dasar pun sekarang sudah mulai dilakukan perkenalan akan pentingnya TI di zaman sekarang ini. 
Tujuan dibuatnya TI dan terus dikembangkan sampai sekarang ini adalah tak lain untuk memudahkan para masyarakat untuk mencatat suatu transaksi, penyimpanan data, menyampaikan dalam bentuk informasi yang jelas dan menyebarkan informasi tersebut kepada pada pemakainya. 

PEMBAHASAN
Dalam dunia bisnis, peran TI sering digunakan untuk perdagangan elektronik atau bahasa keren-nya di kenal dengan E-Commerce atau perdagangan elektronik. Seperti kita tahu, E-Commerce adalah bentuk perdagangan yang menggunakan layanan internet. Dimana E-Commerce merupakan bagian dari E-Business yang cakupannya lebih luas yang tidak hanya sekedar peniagaan tetapi juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Selain teknologi jaringan, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data (database), surat elekrtonik (e-mail) dan bentuk teknologi non komputer yang lain misalnya sistem pengiriman barang dan sebagai alat pembayaran.

PERAN TI DALAM BISNIS 


Secara singkat disini saya akan mencoba memaparkan tentang Peran TI untuk membatu kegiatan bisnis.

1.  TI mempermudah dalam melakukan komunikasi Dalam hal ini, saya ambil contoh penggunaan email dalam dunia bisnis. Bahkan tidak jarak di setiap orang yang memiliki peranan dalam suatu manajemen perusahaan memiliki email sesuai dengan nama pribadinya.
Karena bagi perusahaan, email merupakan sarana utama komunikasi antar karyawan, pemasok dan pelanggan. Bisa di bilang, email merupakan pendorong bagi perusahaan untuk menggunakan internet. Dimana penggunaannya cukup mudah, relatif murah, cepat dan jelas jika dibandingkan dengan Faksimile.
Selain e-mail, sekarang ini di beberapa perusahaan juga menggunakan sistem chat (chatting) seperti skype, Whatsapp PC, Line PC bahkan untuk konferensi video call untuk mempermudah meeting antar cabang bisa menggunakan aplikasi chat tersebut.

2. TI Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet pula kita bisa memperoleh semua informasi yang kita butuhkan di depan mata hanya dalam "satu kali klik". Dengan memiliki pengetahuan dari produk bisnis yang kita miliki, semakin banyak banyak pula referensi untuk mengembangkan bisnis yang dikelola. Dan yang paling menguntungkan, para pelaku usaha juga dapat dengan mudah mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor.

3. TI sebagai Manajemen Data 
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.

4. TI sebagai Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.

5. TI sebagai Customer Relationship Management

Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.

6. TI bisa Melakukan Aktivitas Bisnis 24 Jam

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.

Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan kemajuan tersebut. Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, para pelaku IT dapat memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi, sangat jelas kalau kita akan sangat membutuhkannya.
Contoh lain dengan adanya fasilitas TI 24 jam, kita dimudahkan dengan adanya pelayanan ATM dan E-banking di dunia perbankan yang siap melayani para nasabahnya untuk melakukan segala jenis transaksi keuangan tanpa harus menunggu jam operasional bank.

SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar