PERAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI ASSET AKTIVITAS BISNIS
PENDAHULUAN
Teknologi Informasi sekarang ini berperan sangat pesat. Adapun pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) sekarang ini sudah mencakup berbagai bidang kehidupan masyarakat. Seseorang yang masih awam dengan TI biasanya akan di cap sebagai orang yang Kuno atau ketinggalan zaman. Oleh karena itu, perkenalan TI sudah mencakup ke sumua lapisan masyarakat. Tidak hanya dikalangan pelajar, anak-anak di sekolah dasar pun sekarang sudah mulai dilakukan perkenalan akan pentingnya TI di zaman sekarang ini.
Tujuan dibuatnya TI dan terus dikembangkan sampai sekarang ini adalah tak lain untuk memudahkan para masyarakat untuk mencatat suatu transaksi, penyimpanan data, menyampaikan dalam bentuk informasi yang jelas dan menyebarkan informasi tersebut kepada pada pemakainya.
PEMBAHASAN
Dalam dunia bisnis, peran TI sering digunakan untuk perdagangan elektronik atau bahasa keren-nya di kenal dengan E-Commerce atau perdagangan elektronik. Seperti kita tahu, E-Commerce adalah bentuk perdagangan yang menggunakan layanan internet. Dimana E-Commerce merupakan bagian dari E-Business yang cakupannya lebih luas yang tidak hanya sekedar peniagaan tetapi juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Selain teknologi jaringan, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data (database), surat elekrtonik (e-mail) dan bentuk teknologi non komputer yang lain misalnya sistem pengiriman barang dan sebagai alat pembayaran.
PERAN TI DALAM BISNIS
Secara singkat disini saya akan mencoba memaparkan tentang Peran TI untuk membatu kegiatan bisnis.
1. TI mempermudah dalam melakukan komunikasi Dalam hal ini, saya ambil contoh penggunaan email dalam dunia bisnis. Bahkan tidak jarak di setiap orang yang memiliki peranan dalam suatu manajemen perusahaan memiliki email sesuai dengan nama pribadinya.
Karena bagi perusahaan, email merupakan sarana utama komunikasi antar karyawan, pemasok dan pelanggan. Bisa di bilang, email merupakan pendorong bagi perusahaan untuk menggunakan internet. Dimana penggunaannya cukup mudah, relatif murah, cepat dan jelas jika dibandingkan dengan Faksimile.
Selain e-mail, sekarang ini di beberapa perusahaan juga menggunakan sistem chat (chatting) seperti skype, Whatsapp PC, Line PC bahkan untuk konferensi video call untuk mempermudah meeting antar cabang bisa menggunakan aplikasi chat tersebut.
2. TI Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet pula kita bisa memperoleh semua informasi yang kita butuhkan di depan mata hanya dalam "satu kali klik". Dengan memiliki pengetahuan dari produk bisnis yang kita miliki, semakin banyak banyak pula referensi untuk mengembangkan bisnis yang dikelola. Dan yang paling menguntungkan, para pelaku usaha juga dapat dengan mudah mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor.
3. TI sebagai Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.
4. TI sebagai Sistem Informasi Manajemen
PEMBAHASAN
Dalam dunia bisnis, peran TI sering digunakan untuk perdagangan elektronik atau bahasa keren-nya di kenal dengan E-Commerce atau perdagangan elektronik. Seperti kita tahu, E-Commerce adalah bentuk perdagangan yang menggunakan layanan internet. Dimana E-Commerce merupakan bagian dari E-Business yang cakupannya lebih luas yang tidak hanya sekedar peniagaan tetapi juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Selain teknologi jaringan, E-Commerce juga memerlukan teknologi basis data (database), surat elekrtonik (e-mail) dan bentuk teknologi non komputer yang lain misalnya sistem pengiriman barang dan sebagai alat pembayaran.
PERAN TI DALAM BISNIS
Secara singkat disini saya akan mencoba memaparkan tentang Peran TI untuk membatu kegiatan bisnis.
1. TI mempermudah dalam melakukan komunikasi Dalam hal ini, saya ambil contoh penggunaan email dalam dunia bisnis. Bahkan tidak jarak di setiap orang yang memiliki peranan dalam suatu manajemen perusahaan memiliki email sesuai dengan nama pribadinya.
Karena bagi perusahaan, email merupakan sarana utama komunikasi antar karyawan, pemasok dan pelanggan. Bisa di bilang, email merupakan pendorong bagi perusahaan untuk menggunakan internet. Dimana penggunaannya cukup mudah, relatif murah, cepat dan jelas jika dibandingkan dengan Faksimile.
Selain e-mail, sekarang ini di beberapa perusahaan juga menggunakan sistem chat (chatting) seperti skype, Whatsapp PC, Line PC bahkan untuk konferensi video call untuk mempermudah meeting antar cabang bisa menggunakan aplikasi chat tersebut.
2. TI Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet pula kita bisa memperoleh semua informasi yang kita butuhkan di depan mata hanya dalam "satu kali klik". Dengan memiliki pengetahuan dari produk bisnis yang kita miliki, semakin banyak banyak pula referensi untuk mengembangkan bisnis yang dikelola. Dan yang paling menguntungkan, para pelaku usaha juga dapat dengan mudah mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor.
3. TI sebagai Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.
4. TI sebagai Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika
data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif
menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis
serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen
(SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan
tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak
profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi
dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak
penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi
terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
5. TI sebagai Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk
memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap
pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang
dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan,
sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu
dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan
menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi
pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan
dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena
seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi
tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan
keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja
terhadap produktivitas.
6. TI bisa Melakukan Aktivitas Bisnis 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi
informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas
jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala
aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu
pengetahuan dan teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan
kemajuan tersebut. Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, para
pelaku IT dapat memperoleh kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia
bisnis sudah sangat kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat
terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan
yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat banyaknya fungsi yang
diperoleh dari teknologi informasi, sangat jelas kalau kita akan sangat
membutuhkannya.
Contoh lain dengan adanya fasilitas TI 24 jam, kita dimudahkan dengan adanya pelayanan ATM dan E-banking di dunia perbankan yang siap melayani para nasabahnya untuk melakukan segala jenis transaksi keuangan tanpa harus menunggu jam operasional bank.
SEMOGA BERMANFAAT
SEMOGA BERMANFAAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar